https://betwin188.online/

Pendakian Gunung Gede Pangrango via jalur Gunung Putri

Dikutip betwin188 Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri adalah pendakian dengan jalur berat. Hampir di setiap trek adalah jalur menanjak dan sedikit sekali jalan datar. Gunung Gede Pangrango memiliki 3 jalur pendakian resmi yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Jalur Cibodas adalah pilihan favorit pertama karena di jalur ini terdapat banyak spot wisata alam yang sangat bagus, dan sumber air berlimpah. Sedangkan jalur Gunung Putri adala jalur yang berat namun kita akan bertemu dengan salah satu pos yang paling bagus dari semua pendakian yakni Alun-Alun Surya Kencana. Adalah lahan yang sangat luas dipenuhi bunga edelweiss dan rerumputan seluas mata memlihat, dan tempat favorit mendirikan tenda bagi para pendaki.

Akomodasi menuju basecamp pendakian via jalur Gunung Putri cukup mudah. Pada dasarnya lokasinya berdekatan dengan jalur Cibodas. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, turun di Pasar Cipanas lalu dilanjutkan menuju Gunung Putri.

Karena di kawasan Cianjur khususnya kaki gunung Gede Pangrango memiliki cuaca yang super dingin maka persiapkan terlebih dahulu pakaian yang tebal. Tiket masuk menuju Gunung Gede Pangrango Rp 35.000/orang (lebih lengkapnya cek di sini). Gunung api Gede Pangrango menjadi salah satu gunung favorit para pendaki dan menjadi destinasi banyak wisatawan dari seluruh Indonesia terutama pulau Jawa. Hal tersebut dimaklumi karena gunung Gede Pangrango merupakan Taman Nasional yang isinya adalah wisata alam yang sangat indah dan memiliki kekayaan alam yang dilindungi, ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung dan juga Jabodetabek.

MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp – Legok Leunca (1 jam)

pos Legok Leunca (pos selamat datang)

Perjalanan awal berangkat dari basecamp sampai pos pertama yaitu Legok Leunca (artinya=selamat datang) memakan waktu 1 jam perjalanan. Trek awal didominasi oleh perkebunan dan sawah-sawah, jalan masih datar agak menanjak. Dari perjalanan awal ini akan nampak Gunung Putri dari kejauhan.

Legok Leunca – Buntut Lutung (1,5jam)

Selanjutnya menuju pos Buntut Lutung memakan waktu 1,5 jam. Tidak seperti jalur Cibodas yang kaya akan sumber air di setiap perjalanannya. Di jalur Gunung Putri jarang ditemui sumber air. Perjalanan menuju pos Buntut Lutung semakin berat.

Buntut Lutung – Lawang Sekateng (1,5jam)

Dilanjutkan menuju pos Lawang Sekateng, di jalur ini bisa dibilang jalur paling berat selama perjalanan mendaki gunung Gede Pangrango via jalur Gunung Putri. Trek yang terus menanjak dan tanpa bidang datar sekalipun. Dipenuhi bebatuan dan akar-akar pohon yang lebat.

Lawang Sekateng – Simpang Maleber (1,5jam)

Selanjutnya perjalanan masih juga berat. Trek menanjak dan kanan-kiri pepohohan rimbun khas Jawa Barat. Menuju pos Simpang Maleber membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam.

Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur (1jam)
Dari Simpang Maleber sejam kemudian kita akan bertemu dengan surganya Gunung Gede Pangrango yakni Alun-Alun Surya Kencana. Nah, di sinilah semua rasa lelah dan letih para pendaki akan terbayar lunas.

Alun-Alun Surya Kencana adalah lahan yang luas dan di tengahnya mengalir aliran sungai kecil dari puncak gunung Gede. Di sekitarnya ditumbuhi Bunga Edelweiss, dan rerumputan sepanjang mata memandang. Di tempat inilah favorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Untuk besok dini hari-nya summit attas mendaki puncak.

Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (30 menit)

Puncak Gede dan Pangrango

Dari alun-alun menuju puncak Gede bisa dicapai dalam 30 menit sampai 45menit.

kita kalkulasikan waktu perjalanan mendaki menjadi,
Basecamp – Legok Leunca (1 jam)
Legok Leunca – Buntut Lutung (1,5jam)
Buntut Lutung – Lawang Sekateng (1,5jam)
Lawang Sekateng – Simpang Maleber (1,5jam)
Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur (1jam)
Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (30 menit)
TOTAL = 7 jam. perjalanan mendaki di luar istirahat dan bermalam. Untuk perjalanan sampai ke puncak Pangrango harus melalui jalur Cibodas. Perjalan turun via Gunung Putri rata-rata memakan waktu 4-5 jam saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *